LightBlog

Minggu, 21 Januari 2018

Pengertian Asuransi

Asuransi Adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada tindakan, sistem, atau bisnis di mana perlindungan finansial (atau ganti rugi secara finansial) untuk jiwa, properti, kesehatan dan lain sebagainya mendapatkan penggantian dari kejadian-kejadian yang tidak dapat diduga yang dapat terjadi seperti kematian, kehilangan, kerusakan atau sakit, di mana melibatkan pembayaran premi secara teratur dalam jangka waktu tertentu sebagai ganti polis yang menjamin perlindungan tersebut.
(Dikutip dari : Wikipedia)

Apa yang pertama kali anda pikirkan ketika mendengar kata ASURANSI ?. Banyak yang terlintas tentunya bisa jadi tentang kesehatan, tentang pertanggungan, tentang pendidikan anak, tentang penyakit kritis, tentang rumah sakit, tentang tabungan dan masih banyak lagi yang lainya. bukan hanya hal positif saja yang terlintas bahkan ada hal negatif juga yang terkadang menyelimuti pikiran kita. Lantas seperti apa sih Asuransi itu? Mari kita bahas

asuransi pengertian


Dalam dunia asuransi, asuransi terbagi menjadi 2, yaitu Asuransi Umum dan Asuransi Jiwa

1. Asuransi Umum

Asuransi Umum adalah Perlindungan resiko yang dilakukan oleh pihak penanggung kepada pihak tertanggung dalam bentuk perlindungan lebih berfokus terhadap objek tak hidup. Biasanya seperti kendaraan, bangunan, dan lainya.

umum asuransi

Biasanya yang sering kita temui seperti asuransi untuk mobil, motor. Asuransi untuk rumah. itulah contoh-contoh asuransi umum yang sering di lakukan masyarakat

2. Asuransi Jiwa

Asuransi Jiwa adalah Perlindungan resiko yang dilakukan oleh pihak penanggung kepada pihak tertanggung yang berfokus kepada klien atau nasabah. Biasanya seperti kesehatan, santunan kecelakaan, uang pertanggungan, dan lainya.

pengertian asuransi jiwa

Ada 3 pengelompokan untuk asuransi jiwa, yaitu :

a. Asuransi Seumur Hidup (Whole Life)
Asuransi jiwa seumur hidup member perlindungan hingga usia klien/nasabah mencapai 99 tahun. Keunggulan asuransi ini berada pada nominal tunai yang terus bertambah sekalipun masa pembayaran premi telah usai atau habis.

b. Asuransi Berjangka (Term Life)
Asuransi jiwa berjangka tidak memiliki nominal tunai dan memiliki batas waktu perlindungan. Kekurangannya, uang premi tidak dapat diambil jika periodenya habis. pada asuransi berjangka mmemang tidak memiliki fitur tabungan dibandingkan tiga jenis asuransi jiwa yang lain. Namun tetap ada keunggulan pada asuransi berjangka :
- Biaya Premi (Uang yang dibayar perbulan) yang terjangkau
- Uang pertanggungan cukup besar
- Masa proteksi nya bisa di tentukan

c. Asuransi Dwiguna (Endowment)
Asuransi Dwiguna memberi manfaat dalam bentuk pembayaran tunai dalam jangka waktu yang ditetapkan menurut perjanjian yang disepakati. Contohnya seperti, asuransi pendidikan dan asuransi dana pensiun.

Itulah pembahasan singkat tentang pengertian asuransi. Asuransi memang pada dasarnya adalah perencanaan keuangan dalam jangka panjang. perlu di garis bawahi bahwa mengikuti asuransi perlu tahu terlebih dahulu kebutuhan dan manfaatnya untuk kita sebagai calon nasabah asuransi. Cari tahu di sini tentang Manfaat Asuransi
Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar