LightBlog

Selasa, 23 Januari 2018

Pengertian, Kelebihan, Kekurangan Asuransi Traditional dan Unit Link

Kekurangan dan Kelebihan dari asuransi traditional merupakan perbandingan yang harus di ketahui sebelum anda memilih asuransi yang terbaik untuk kebutuhan anda. tidak ada yang jelek dari keduanya, hanya saja perlu ketepatan memilih asuransi agar sesuai kebutuhan dan dapat merasakan manfaat nya. Anda bingung memilih asuransi? Takut dana yang anda keluarkan menjadi rugi? bahkan sampai tidak sesuai manfaat?

Perasaan akan bingung untuk memilih asuransi adalah hal yang wajar karena asuransi memang perencanaan keuangan jangka panjang, jadi apabila kita tidak tepat memilih nya akan berdampak kepada manfaat dari asuransi itu sendiri yang tidak maksimal dan kurang sesuai dengan kebutuhan anda. Oleh karena itu perlu pengetahuan dasar tentang asuransi agar tahu seperti apa konsep dasar asuransi itu sendiri.

Mari kita bahas Pengertian, Kelebihan, Kekurangan Asuransi Traditional dan Unit Link agar dapat menentukan asuransi seperti apa yang cocok untuk kebutuhan anda
pemahaman asuransi yang di bahas

1. Asuransi Jiwa Traditional 

Asuransi Jiwa Traditional adalah asuransi jiwa yang berfokus pada proteksi, seperti kesehatan, kecelakaan, penyakit kritis dan lain lain. 
sampai sekarang masih ada yang menggunakan asuransi jiwa traditional. sebelum anda memilih asuransi jiwa ini alangkah baiknya anda mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan dari asuransi jiwa traditional.

Kelebihan :
1. Premi yang dibayar lebih murah
Premi (Uang yang di bayarkan) lebih murah di bandingkan asuransi jiwa unit link. Mengapa? Karena asuransi jiwa traditional di khususkan untuk proteksi saja tanpa di gabungkan dengan investasi.

2. Fokus kepada proteksi
Manfaat proteksi bisa di maksimalkan penuh karena fokus terhadap proteksi. Biaya premi yang masuk sepenuhnya untuk proteksi anda dan itu akan memaksimalkan manfaat proteksi yang ada untuk kebutuhan anda.

3. Cocok untuk orang yang sering mengalami rawat inap di rumah sakit
Banyak orang yang sering mengalami resiko dan rawat inap di rumah sakit. mengapa cocok? karena biaya premi yang dibayarkan tidak akan sia-sia karena manfaat nya bisa di rasakan dan sangat membantu untuk yang sering terkena resiko dan keluar masuk rumah sakit.

4. Masa proteksi sangat variatif
Masa proteksi yang di tentukan untuk perlindungan anda sangat beragam dan tetap akan maksimal karena asuransi jiwa traditional fokus untuk melindungi anda dari berbagai resiko. 

Kekurangan :
1. Tidak ada nilai tunai yang bisa di ambil
Ketika selesai masa proteksi yang telah di tentukan, tidak ada uang yang bisa di ambil atau bisa di katakan premi yang selama ini telah kita bayarkan hangus. Oleh karena itu, jika selama masa proteksi kita tidak pernah melakukan klaim akan terasa rugi untuk mengikuti asuransi.

2. Tidak memungkinkan cuti premi
Cuti premi bisa di lakukan ketika ada nilai investasi di dalamnya yang bisa menggantikan untuk sementara, sedangkan asuransi jiwa traditional tidak ada nilai investasi jadi tidak bisa melakukan cuti premi.

3. Tidak ada perencanaan keuangan untuk masa depan
Karena berfokus pada proteksi, jadi tidak ada perencanaan yang di lakukan seperti dana pensiun, pendidikan anak, dan lain. karena tidak ada nilai investasi uang di dalamnya.

2. Asuransi Jiwa Unit Link

Asuransi jiwa Unit Link adalah asuransi jiwa yang menggabungkan antara proteksi dan investasi. Proteksi seperti kesehatan, kecelakaan, penyakit kritis dan lain lain. sedangkan investasi biasanya berfungsi sebagai simpanan atau perencanaan dalam jangka panjang. Asuransi jiwa unit link masih menjadi favorit di kalangan masyarakat, namun anda tetap harus tau apa kelebihan dan kekuranganya, agar anda dapat memastikan asuransi yang cocok untuk kebutuhan anda.

Kelebihan :
1. Perencanaan keuangan masa depan yang cukup matang
Di dalam asuransi jiwa unit link terdapat uang yang berupa investasi dan nilai investasi ini akan bermanfaat di masa yang akan datang. biasanya ketika di awal mengikuti asuransi, nilai investasi ini sudah di rencanakan untuk beberapa keperluan seperti dana pensiun, dana pendidikan anak atau dana yang lainya. paling favorit biasayanya dana pendidikan anak dan pensiun. mengapa? karena setiap orang ingin memiliki masa pensiun dan juga ingin memberi pendidikan yang layak untuk anak di masa yang akan datang.

2. Memungkinkan cuti premi
Cuti premi di lakukan ketika nasabah sedang kesulitan dengan keuangan nya. Ketika keuangan sedang tidak memungkinkan membayar premi asuransi, nasabah tidak perlu khawatir karena ada nilai investasi yang dapat menggantikan sementara. Namun cuti premi ini biasanya bisa di lakukan setelah 3 tahun ke atas dalam mengikuti asuransi, karena untuk di awal nilai investasi belum begitu terbentuk.

3. Praktis, 1 Polis dengan 2 manfaat
Untuk yang khawatir dengan resiko-resiko yang kemungkinan terjadi dan tidak ingin nilai premi yang di bayarkan hangus sia-sia ketika tidak ada klaim, maka asuransi jiwa unit link ini solusi tepat karena sangat praktis dalam satu polis terdapat manfaat proteksi yang melindungi kita dari berbagai resiko juga manfaat investasi yang nilai tunai nya bisa kita gunakan di masa yang akan datang.

4. Cocok untuk mencoba investasi
Untuk melakukan investasi tidak sembarangan kita mencobanya. Mengapa? karena nilai investasi akan berubah ubah dan naik turun. jadi untuk berinvestasi kita pun harus tau dasar dan konsep dari investasi itu sendiri, namun bagi orang yang ingin mencoba investasi itu seperti apa dan anda masih pemula. maka Asuransi jiwa unit link dapat menjadi pilihan.

5. Memiliki rider (Tambahan Manfaat)
Dalam satu polis, anda dapat menambahkan beberapa manfaat yang anda butuhkan, misalnya anda membutuhkan manfaat rawat inap di rumah sakit, manfaat ketika terjadi penyakit kritis, manfaat ketika terjadi kecelakaan dan lain-lain.

Kekurangan :
1. Premi lebih mahal di banding Asuransi Jiwa Traditional
Mengapa premi lebih mahal dari asuransi jiwa traditional? Karena memiliki 2 manfaat yaitu proteksi dan investasi. sebagian dari dana premi yang di bayarkan adalah untuk nilai investasi di masa yang akan datang, biasanya berfungsi sebagai tabungan.

2. Nilai investasi yang Fluktuatif
Nilai investasi yang berubah ubah. nilai investasi di masa yang akan datang bisa saja kecil, sedang, bagus. ketika nilai investasi kecil berarti nilai tunai yang bisa di ambil biasanya tidak lebih dari total premi yang dibayarkan selama bertahun tahun. jika sedang biasanya masih berkisar dengan total premi yang pernah dibayarkan. Jika nilai investasi besar, maka nilai tunai yang bisa di ambil cukup besar dan biasanya berkali lipat dari jumlah total premi yang pernah di bayarkan.

KESIMPULAN
Tidak ada asuransi yang jelek karena semua itu tergantung ketepatan kita dalam memilih asuransi yang kita butuhkan agar manfaat dari asuransi tersebut bisa maksimal untuk diri kita. namun untuk masa sekarang, Asuransi Jiwa Unit Link sangat berkembang pesat di masyarakat di bandingkan Asuransi Jiwa Traditional. Karena dalam Unit Link ada nilai investasi yang bisa di ambil. 

Jika anda ingin berfokus kepada proteksi/perlindungan diri maka Asuransi Jiwa Traditional cocok menjadi pilihan anda. Tapi jika anda ingin memiliki 2 manfaat dalam 1 polis dan anda ingin melakukan perencanaan keuangan untuk beberapa keperluan, asuransi jiwa Unit Link cocok untuk anda. Mari saling menggali tentang rencana keuangan yang baik. Karena faktanya masyarakat masih minim akan pengetahuan tentang perencanaan keuangan

Cerdas berasuransi sangat di perlukan, kaji terlebih dahulu manfaat-manfaat yang ada dari asuransi tersebut sebelum anda menyesal di kemudian hari. pada dasarnya asuransi itu adalah perencanaan keuangan dalam jangka panjang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar